Bagaimana Internet dan Pengunduhan MP3 Mempengaruhi DJ Dan Bagaimana DJ Masih Bisa Bertahan

DJ pra-internet digunakan untuk menjadi orang yang “pergi ke” untuk orang yang mencari lagu atau lagu “itu” oleh artis misteri yang sulit dipahami atau artis terkenal dengan rekaman baru atau lama yang sulit ditemukan. DJ adalah otoritas ketika datang untuk berbagi musik baru dengan massa baik di pesta, di klub, atau bahkan di radio. Ketika seseorang membutuhkan kaset atau CD “campuran” baru untuk didengarkan saat jogging atau mengemudi dll, memiliki seorang DJ sebagai teman atau kenalan adalah langkah di pintu untuk mendapatkan musik yang bagus atau hanya mencari tahu apa yang sedang dilakukan artis. DJ selalu menjadi orang yang tampaknya membeli atau datang dengan judul musik yang paling bahkan jika mereka tidak semua sesuai dengan keinginan mereka sendiri, itu semacam tanggung jawab DJ untuk memiliki musik yang dibutuhkan untuk menghibur orang banyak dari semua jenis. Jika Anda kembali ke pesta blok hip hop NYC awal, DJ akan menyajikan potongan-potongan lagu dari semua genre dan selama iramanya funky, orang banyak akan menari, tidak perlu lagu-lagu itu ada di radio arus utama rotasi untuk menghibur orang banyak. Orang-orang dulu mempercayai DJ untuk menyajikan mereka dengan suara segar yang keren & membawa mereka dalam perjalanan di mana mereka dapat menemukan musik yang mungkin belum pernah mereka dengar atau akses sebelumnya.

Internet bersama dengan pengunduhan mp3 gratis & pembajakan musik telah membuat hampir semua lagu tersedia bagi siapa saja yang memiliki koneksi internet dan hard drive untuk menyimpannya. Rata-rata orang mampu membangun perpustakaan musik mp3 besar yang sama besarnya, atau lebih besar dari penyiar itu sendiri. Web telah menggantikan DJ sebagai tempat untuk mencari musik & bukannya orang-orang yang membutuhkan DJ untuk memasok kaset campuran atau CD, mereka malah dapat mengunduh & membakar sebanyak mungkin daftar putar yang berbeda yang mereka inginkan. Dalam beberapa kasus, acara yang sebelumnya memiliki live DJ, telah memilih untuk menggunakan iPod yang terhubung ke sistem suara.

Keadaan bisnis musik saat ini menawarkan unduh video tik tok tantangan bagi DJ untuk lebih membuktikan nilainya kepada orang banyak dan bahkan pengguna internet. Mungkin salah satu cara terbaik penyiar dapat menunjukkan nilai & keterampilan mereka adalah dengan membuat Remix lagu yang akan menawarkan pandangan berbeda kepada orang-orang tentang keterampilan DJ yang lebih condong ke arah menjadi seniman diri mereka sendiri daripada hanya menjadi penyedia musik. DJ juga bisa menjadi produser musik, menggunakan kecintaan mereka pada lagu-lagu hebat untuk membantu artis menciptakan lagu-lagu baru yang hebat. Campuran mash-up juga menjadi populer yang merupakan putaran ekstra pada campuran DJ/campuran lagu di masa lalu. DJ seharusnya tidak lagi bergantung pada kebutuhan sebagai penyedia Jukebox dan/atau sound system seluler dan mencoba menawarkan layanan musik yang lebih dalam yang akan menjadi keunikan mereka. Mereka harus fokus pada kepribadian & memiliki kualitas yang tidak dapat digantikan dengan teknologi saja. Ini akan membuat Deejay tetap relevan di masa depan karena semakin banyak perubahan terjadi dengan bisnis musik secara keseluruhan.

Internet memang menawarkan banyak keuntungan bagi para penyiar juga memudahkan mereka untuk mengumpulkan perpustakaan musik besar semudah yang bukan penyiar. Popularitas radio internet juga memberikan pertunjukan campuran & penyiar gaya klub untuk memperluas jangkauan mereka keluar dari area lokal mereka berbagi campuran mereka sendiri di seluruh dunia. Ini sangat membantu penyiar dalam genre khusus/bawah tanah karena mereka dapat mengambil pemesanan jauh setelah didengar di acara campuran radio internet atau di situs jejaring sosial dengan pilihan musisi.

Deejay harus mencoba untuk belajar bagaimana menggunakan semua outlet baru sebagai peluang promosi baru sambil berusaha untuk menjadi jauh lebih baik dengan campuran dan layanan yang ditawarkan.